Mengapa Nyamuk Menghisap Darah ??

|

Well, inilah beberapa kutipan dari berbagai artikel yg berhasil saya temuin & rangkum (silahkan klik URLnya untuk membaca lebih lengkap – worthy banget) :



http://www.dinkesjatim.go.id/berita-detail.html?news_id=399
Hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah serta memilih darah manusia untuk mematangkan telurnya. Sedangkan nyamuk jantan tidak bisa menggigit dan menghisap darah, melainkan hidup dari sari bunga tumbuh-tumbuhan. Umur nyamuk betina berkisar antara 2 minggu sampai 3 bulan atau rata-rata 11/2 bulan dan tergantung suhu kelembaman udara sekelilingnya. Kepadatan nyamuk akan meningkat saat musim hujan.

http://www.mail-archive.com/ne@news.gramedia-majalah.com/msg01399.html
Menurut Soeroto Atmosoedjono, analisis bakteriologi lulusan Eijkman Institute, yang telah bergelut meneliti nyamuk lebih dari 60 tahun. “Nyamuk mengisap darah orang atau binatang untuk kelangsungan hidupnya. Selain untuk makan, bagi yang betina juga untuk dapat memproduksi telur. Oleh karena itu nyamuk betina mencari makan dengan cara menggigit, sementara nyamuk pejantan bisa mendapatkan zat-zat makanan dari alam, semisal dari sari-sari bunga”. Menurut peneliti yang pernah mendapat beberapa penghargaan dari dalam dan luar negeri ini, 2-3 hari setelah menggigit, nyamuk akan bertelur. Lalu beberapa hari kemudian telur-telur itu akan menetas di air menjadi jentik-jentik halus. Dari jentik lalu berkembang menjadi kepompong, sampai akhirnya menjadi nyamuk melalui proses metamorfosis.

http://wikantika.wordpress.com/2008/05/07/demam-berdarah-dengue-vs-geospasial-1/
Dalam hidupnya, nyamuk ini mempunyai perilaku: mencari darah, istirahat dan berkembang. Setelah kawin, nyamuk betina memerlukan darah untuk bertelur. Untuk itulah, nyamuk betina akan menghisap darah manusia setiap 2-3 hari sekali, terutama pukul 08.00-12.00 dan 15.00-17.00. Untuk mendapatkan darah, nyamuk betina sering menggigit lebih dari satu orang. Nyamuk betina biasanya yang sudah mencapai umur satu bulan biasanya mempunyai jarak terbang sekitar 100 meter. Setelah kenyang menghisap darah, nyamuk betina memerlukan istirahat 2-3 hari untuk mematangkan telur. Ia menempatkan telur pada tempat-tempat yang disukainya. Telur akan diletakkan dan menempel pada dinding penampungan air, sedikit di atas permukaan air. Setiap kali bertelur, nyamuk betina dapat mengeluarkan sekitar 100 butir telur dengan ukuran sekitar 0.7 milimeter perbutir. Ditempat kering (tanpa air), telur dapat bertahan sampai enam bulan. Telur akan menetas menjadi jentik setelah sekitar dua hari terendam air. Setelah 6-8 hari, jentik nyamuk akan tumbuh menjadi pupa nyamuk. Pupa nyamuk dapat aktif bergerak di dalam air tanpa makan, itu akan memunculkan nyamuk baru setelah 1-2 hari.

http://www.dinkes-diy.org/?x=berita&id_berita=31012007080917
Secara fisik bentuk nyamuk aedes adalah hitam putih pada kaki dan badannya. Hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah serta memilih darah manusia untuk mematangkan telurnya. Sedangkan nyamuk jantan tidak bisa menggigit dan menghisap darah, melainkan hidup dari sari bunga tumbuh-tumbuhan. Umur nyamuk betina berkisar antara 2 minggu sampai 3 bulan atau rata-rata 11/2 bulan dan tergantung suhu kelembaman udara sekelilingnya. Kepadatan nyamuk akan meningkat saat musim hujan.
Siklus perkembangbiakan nyamuk berkisar antara 10-12 hari. Untuk berkembang biak, nyamuk dewasa bertelur di air, hari pertama langsung menjadi jentik sampai hari ke-4, lalu menjadi pupa (kepompong), kemudian akan meninggalkan rumah pupa-nya menjadi nyamuk dewasa. Nyamuk hanya bertelur di tempat genangan air jernih dan tidak bersarang di air got atau semacamnya. Dapat berkembangbiak hanya dengan minimal jumlah volume kira-kira 0.5 sentimeter atau bersamaan satu sendok teh saja. Kemampuan terbangnya antara 40m hingga 100m.

http://www.harian-global.com/news.php?item.6064.3
Biasanya yang suka menyedot darah mamalia adalah nyamuk-nyamuk betina. Darah ini bukan untuk kebutuhan pangan, tapi untuk kepentingan reproduksinya. Darah mengandung protein yang dibutuhkan nyamuk betina untuk pertumbuhan telur-telurnya.



Nah lho, meskipun sekali ngisep ngga banyak, tapi saya ngga ikhlas darah saya diisep mereka, karena selain beresiko jadi penyakit ntar lama2 saya kurus dan nyamuk makmur, no tengkyu !!!

Btw, ini ada beberapa gambar yang mungkin cukup menarik untuk ditela’ah:


sumber : http://gutherzig.net/?p=82

0 comments:

Post a Comment

 

©2009 serb4 - serb1 | Template Blue by TNB