Cetakan Injil Terkecil, 0,5 mm Persegi

|


HAIFA, RABU - Menjelang Natal, di Israel dipamerkan cetakan Kitab Injil yang mungkin terkecil di dunia saat ini. Kitab Injil yang ditulis dalam bahasa Hebrew itu dicetak di atas sebuah chip silikon yang berselimut emas.

"Para peneliti di Technion, Institut Teknologi Israel, sukses mencetak 300.428 huruf Kitab Injil Perjanjian Lama dalam 0,5 milimeter persegi," ujar Ohad Zohar, ketua proyek pencetakan tersebut. Ini mungkin memecahkan rekor Kitab Injil terkecil di dunia karena yang tercatat dalam Buku Rekor Guiness dengan ukuran 50 kali lipatnya.

Mereka dapat mencetak hurup dengan ukuran sangat kecil menggunakan alat penembak atom yang biasa dipakai dalam proses pembuatan chip. Cetakan huruf demi huruf dibuat secara otomatis yang terprogram melalui komputer darui tembakan ion-ion gallium ke permukaan wafer atau pelat silikon.

Untuk membaca ayat-ayat Injil yang sangat kecil itu tentu membutuhkan mikroskop. Namun, para peneliti juga akan mencetak poster berukuran 7 X 7 meter yang memuat foto pembesarannya agar huruf demi huruf dapat terbaca dengan jelas oleh siapa saja.

Pembuatan Kitab Injil terkecil ini bukan sekadar sensasi. Proyek tersebut merupakan bagian dari program lembaga yang ada di Kota Haifa tersebut untuk meningkatkan kepedulian publik dan generasi muda terhadap teknologi nano.

sumber : kompas

0 comments:

Post a Comment

 

©2009 serb4 - serb1 | Template Blue by TNB